Sertifikasi BNSP Bidang aktivitas kantor pusat dan konsultansi manajemen
Asah keterampilan Anda dengan Sertifikasi BNSP bidang aktivitas kantor pusat dan konsultansi manajemen yang dikenal secara di seluruh negeri. Persiapkan diri agar memperoleh peluang karir yang lebih gemilang!
Sertifikasi kompetensi merupakan elemen penting dalam memastikan bahwa tenaga kerja dilengkapi dengan kemampuan dan pengetahuan yang relevan untuk menyelesaikan tugas mereka dengan efektif. Di Indonesia, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) adalah lembaga yang bertanggung jawab dalam menyelenggarakan sertifikasi kompetensi di berbagai bidang, salah satunya bidang aktivitas kantor pusat dan konsultansi manajemen.
Apa Itu Sertifikasi BNSP?
Sertifikasi BNSP adalah bukti tertulis yang menyatakan bahwa seseorang berkompeten sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Sertifikat ini diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang telah berlisensi dari BNSP. Dalam konteks aktivitas aktivitas kantor pusat dan konsultansi manajemen, sertifikat ini menyatakan bahwa pemegangnya memiliki pengetahuan dan keterampilan yang kompeten untuk bekerja di sektor ini.
BNSP adalah merupakan singkatan untuk Badan Nasional Sertifikasi Profesi, sebuah Badan negara yang independen yang memiliki pengawasan langsung kepada Presiden. BNSP didirikan untuk menjadi badan yang berperan dalam melakukan uji kompetensi bagi Sumber Daya Manusia Indonesia.
Pada dasarnya, BNSP adalah lembaga penjamin mutu dari pekerja guna memajukan kapasitas kompetisi nasional. Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) didirikan atas dasar Peraturan Nomor 23 tahun 2004 dengan pedoman pada UU Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.
Pembentukan BNSP adalah bagian terpadu dari upaya pembangunan sistem kelembagaan berdasarkan kemampuan.
Dalam rangka peningkatan kompetensi tersebut, terkandung tiga fondasi penting yang harus dikembangkan, di antaranya adalah: pembentukan standar kompetensi nasional, pendidikan berfokus pada keahlian, serta sistem kelembagaan sertifikasi kompetensi yang mandiri.
Sertifikasi BNSP Bidang Aktivitas Kantor Pusat Dan Konsultansi Manajemen
Sub bidang Sertifikasi BNSP bidang Aktivitas Kantor Pusat Dan Konsultansi Manajemen
Benefit Sertifikat BNSP Bidang aktivitas kantor pusat dan konsultansi manajemen
Beberapa keuntungan bisa Anda dapatkan jika telah mengikuti sertifikasi BNSP, antara lain sebagai berikut:
Meningkatkan Rasa Percaya Diri terhadap Kemampuan yang Dimiliki
Untuk Anda yang baru saja lulus, sertifikasi profesi ini dapat membantu dalam membuat lebih percaya diri saat mencari pekerjaan. Ketika sudah memiliki sertifikat BNSP, Anda dapat memberikan bukti bahwa kemampuan yang Anda miliki telah diakui oleh para penguji yang ahli. Ini juga menjadi bonus di mata perusahaan, meskipun Anda baru saja lulus.
Bagi pegawai tetap yang mengikuti sertifikasi BNSP, hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri saat menjalankan tugas yang dipercayakan kantor. Dengan kemampuan yang telah diuji, karyawan merasa bangga bahwa kemampuannya telah diakui dan bisa melakukan pekerjaannya dengan baik.
Mampu Mengetahui Tingkat Kemampuan Masing-Masing
Melalui sertifikasi profesi, Anda bisa menilai tingkat kemampuan dalam bidang tersebut. Dengan melihat hasil ujian, Anda juga bisa mengetahui sejauh mana kecakapan yang dimiliki, lalu bisa menilai sendiri apa saja yang harus ditingkatkan dan apa yang harus dipertahankan.
Meningkatkan Peluang untuk Pengembangan Karier
Jika memiliki sertifikat BNSP, kemampuan Anda bisa diakui secara global dan hal itu memungkinkan Anda untuk mengembangkan kemampuan lebih jauh. Bahkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan bonafit pun terbuka, karena Anda dinilai lebih unggul berkat sertifikasi tersebut.
Mempermudah Proses Rekrutmen Karyawan Kompeten
Berkat adanya sertifikasi profesi, perusahaan menjadi lebih mudah dalam memilih calon karyawan yang berkualitas sesuai dengan indikator kompetensi karyawan. Selain itu, HRD akan lebih mudah menemukan calon karyawan yang memenuhi kualifikasi perusahaan.
Selain itu, calon karyawan yang sudah tersertifikasi akan semakin mengenal bidang kerjanya, dan bisa menunjukkan bahwa keahlian yang ia miliki sudah sesuai standar. Tinggal mengasah kemampuannya agar makin menonjol di perusahaan.
Peningkatan Produktivitas Karyawan
Jika Anda ingin menjadi seorang profesional, maka berjuanglah untuk mencapai level tersebut. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti sertifikasi dan mendapatkan sertifikat BNSP. Umumnya sebelum ujian dilaksanakan, pelatihan terlebih dahulu akan diberikan kepada para peserta oleh lembaga sertifikasi tersebut. Pelatihan tersebut bermanfaat untuk memberikan pengetahuan mengenai standar pekerjaan yang terbaik.
Untuk perusahaan sendiri, dengan memiliki staf yang telah teruji oleh lembaga profesional, tentunya produktivitas kerja mereka bisa diandalkan. Bahkan, diharapkan karyawan tersebut lebih terampil dan teliti dalam bekerja, sehingga memberikan manfaat besar bagi perusahaan.