Sertifikasi BNSP Bidang aktivitas hukum dan akuntansi 2024
Tingkatkan keahlian Anda dengan Sertifikasi BNSP bidang aktivitas hukum dan akuntansi yang diakui secara nasional. Persiapkan diri untuk mendapatkan peluang karir yang lebih baik!
Sertifikasi kompetensi merupakan elemen utama dalam memastikan bahwa tenaga kerja dilengkapi dengan kemampuan dan pengetahuan yang diperlukan untuk melaksanakan tugas nya dengan efektif. Di negeri ini, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) adalah lembaga yang bertanggung jawab dalam menyelenggarakan sertifikasi kompetensi di berbagai bidang, salah satunya bidang aktivitas hukum dan akuntansi.
Apa Itu Sertifikasi BNSP?
Pengakuan BNSP adalah bukti tertulis yang menyatakan bahwa seseorang memiliki kompetensi sesuai dengan standar yang telah diberlakukan. Sertifikat ini diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang telah berlisensi dari BNSP. Dalam konteks aktivitas aktivitas hukum dan akuntansi, sertifikat ini menyatakan bahwa pemegangnya memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk bekerja di sektor ini.
BNSP adalah merupakan singkatan untuk Badan Nasional Sertifikasi Profesi, sebuah Badan negara yang independen yang memiliki pengawasan langsung kepada Kepala Negara. BNSP didirikan untuk menjadi institusi yang berperan dalam melakukan uji kompetensi bagi Sumber Daya Manusia Indonesia.
Pada dasarnya, BNSP adalah lembaga penjamin mutu dari sumber daya manusia guna memajukan kapasitas kompetisi nasional. Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) didirikan atas dasar Peraturan Nomor 23 tahun 2004 dengan pedoman pada UU Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.
Lahirnya BNSP adalah bagian terpadu dari upaya pembangunan sistem kelembagaan berbasis kompetensi.
Dalam rangka peningkatan kompetensi tersebut, terkandung tiga fondasi penting yang harus dikembangkan, di antaranya adalah: pengembangan standar kompetensi nasional, pembelajaran dengan dasar kompetensi, serta sistem kelembagaan sertifikasi kompetensi yang berdiri sendiri.
Skema Sertifikasi BNSP Bidang Aktivitas Hukum Dan Akuntansi
Pilih skema sertifikasi yang sesuai dengan keahlian dan kebutuhan Anda

Sertifikat BNSP PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS SAK ETAP
Bidang: aktivitas hukum dan akuntansi
Sektor: Aktivitas Profesional, Ilmiah dan Teknis

Sertifikat BNSP Teknisi Akuntansi Muda
Bidang: aktivitas hukum dan akuntansi
Sektor: Aktivitas Profesional, Ilmiah dan Teknis

Sertifikat BNSP Teknisi Akuntansi Pratama
Bidang: aktivitas hukum dan akuntansi
Sektor: Aktivitas Profesional, Ilmiah dan Teknis

Sertifikat BNSP Teknisi Akuntansi Yunior
Bidang: aktivitas hukum dan akuntansi
Sektor: Aktivitas Profesional, Ilmiah dan Teknis
Keuntungan Sertifikat BNSP Bidang aktivitas hukum dan akuntansi
Manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki sertifikat BNSP
Beberapa keuntungan bisa Anda dapatkan jika telah mengikuti sertifikasi BNSP, antara lain sebagai berikut:
Memperkuat Kepercayaan Diri atas Kemampuan
Bagi lulusan baru, sertifikasi profesi ini dapat membantu dalam membuat lebih percaya diri saat mencari pekerjaan. Ketika sudah memiliki sertifikat BNSP, Anda bisa memberikan bukti bahwa kemampuan yang Anda miliki telah diakui oleh para penguji yang ahli. Ini juga menjadi bonus di mata perusahaan, meskipun Anda belum berpengalaman.
Bagi pegawai tetap yang mengikuti sertifikasi BNSP, hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri saat menjalankan tugas yang diberikan kantor. Dengan kemampuan yang telah diuji, karyawan merasa bangga bahwa kemampuannya telah diakui dan bisa melakukan pekerjaannya dengan baik.
Mampu Mengetahui Tingkat Kemampuan Masing-Masing
Melalui sertifikasi profesi, Anda bisa menilai tingkat kemampuan dalam bidang tersebut. Dengan melihat hasil ujian, Anda juga bisa mengetahui sejauh mana kecakapan yang dimiliki, lalu bisa mengevaluasi sendiri apa saja yang harus ditingkatkan dan apa yang harus dipertahankan.
Membantu Meningkatkan Akses dalam Mengembangkan Diri
Jika memiliki sertifikat BNSP, kemampuan Anda bisa diakui secara global dan hal itu memungkinkan Anda untuk meningkatkan kemampuan lebih jauh. Bahkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan bonafit pun terbuka, karena Anda dinilai lebih unggul berkat sertifikasi tersebut.
Membantu Perusahaan Menemukan Talenta Berkualitas
Berkat adanya sertifikasi profesi, perusahaan menjadi lebih mudah dalam menyeleksi calon karyawan yang berkualitas sesuai dengan indikator kompetensi karyawan. Selain itu, HRD akan lebih mudah menemukan calon karyawan yang memenuhi kualifikasi perusahaan.
Selain itu, calon karyawan yang sudah tersertifikasi akan semakin mengenal bidang kerjanya, dan bisa menunjukkan bahwa keahlian yang ia miliki sudah sesuai standar. Selanjutnya, tinggal memperkuat keahliannya agar makin menonjol di perusahaan.
Lebih Produktif di Tempat Kerja
Jika Anda ingin menjadi seorang profesional, maka berjuanglah untuk mencapai level tersebut. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti sertifikasi dan mendapatkan sertifikat BNSP. Umumnya sebelum ujian dilaksanakan, pelatihan terlebih dahulu akan diberikan kepada para peserta oleh lembaga sertifikasi tersebut. Pelatihan tersebut bermanfaat untuk memberikan pengetahuan mengenai standar pekerjaan yang terbaik.
Sementara itu, dengan memiliki staf yang telah teruji oleh lembaga profesional, tentunya produktivitas kerja mereka bisa diandalkan. Bahkan, diharapkan karyawan tersebut lebih terampil dan teliti dalam bekerja, sehingga memberikan manfaat besar bagi perusahaan.
Siap Memulai Proses Sertifikasi BNSP aktivitas hukum dan akuntansi?
Konsultasi gratis dengan tim ahli kami untuk mendapatkan panduan lengkap sesuai bidang profesi Anda
Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Sertifikat BNSP aktivitas hukum dan akuntansi
Jawaban lengkap untuk pertanyaan umum tentang proses dan persyaratan sertifikat BNSP bidang aktivitas hukum dan akuntansi