Perkembangan Teknologi Pada Sistem Parkir

Di era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini berdampak pada hampir semua segmen kebutuhan hidup manusia yang bersinergi dan berkaitan erat dengan teknologi tersebut.

Hari ini kami akan membagikan sedikit informasi mengenai perkembangan teknologi berbasis komputerisasi pada sistem kerja sistem manajemen perparkiran.

Sistem parkir sudah menjadi alat yang tidak asing bagi orang-orang kota saat ini bahkan mulai merambat ke ranah kecamatan dan desa.

Apa itu sistem parkir dan bagaimana cara kerjanya? Dan dimana pembaca bisa peroleh sistem seperti itu?

Sistem parkir sering kita temukan ketika kita masuk ke area perparkian Rumah sakit, Bandara, Stasiun Kereta Api, pelabuhan, mall ,h otel , Gor, dan lahan publik area lainnya.

Sistem parkir yang diaplikasikan di Indonesia dan cara kerja serta berdasarkan perkembangannya dimulai dari:

1.       Sistem parkir manual yaitu system parkir tradisional yang di kelola oleh operator atau petugas parkir secara bebas dengan laporan secara lisan (asas Kepercayaan antara pemda, pemilik dan pengelola parkir).

2.       Sistem Parkir berbasis computer atau di sebut Parking Manajemen System (PMS) system ini berbasis computer dengan menggunakan dua orang penjaga atau operator yang menjalankannya .

3.       Sistem parkir Semi Otomatis atau disebut system manless dimana system ini adalah pengembangan dari system PMS . Sistem ini hanya di operasikan oleh satu orang operator sebagai kasir. Sistem ini menjadi andalan pengeoloa parkir saat ini karena dengan sistem ini pengelola parkir dapat menghemat SDM dan sistem ini tidak mudah di manipulasi serta laporan datanya lebih akurat .

Sistem Otomatis berbasis RFID (Radio Frekuensi Identification Data) sistem ini biasanya di gunakan oleh pengelola komplek perumahan,apartemen dan Sekolah. Cara kerja sistem ini hanya menggunakan sistem kartu sebagai alat untuk masuk mau pun keluar area perumahan atau sekolah.

5.       Parking Meter Atau mesin Vending Parkir untuk pengelolaan Parkiran Pinggir jalan yang biasa di aplikasikan dengan system koin atau e money.

Di antara ke empat sistem parkir diatas yang paling sering digunakan adalah sistem pada nomor tiga dan nomor empat.

Mengapa demikian? Karena perkembangan sistem ini sangat mengikuti perkembangan teknologi masa kini dan system yang dikembangkan itu sangat ramah atau userfriendly sehingga pengguna hanya butuh keahlian mengetik saja.

Apa manfaat pengelola parkir,pemda atau pemilik gedung menggunakan sistem parkir berbasis komputer ini ?

Sistem parkir ini memberikan data real berdasarkan waktu nyata (real time)sehingga pendapatan perparkiran lebih maksimal dilengkapi dengan sistem IP camera yang dapat menyimpan dan merekam data kendaraan mulai dari pintu masuk hingga pada saat keluar dari area parkir.

sistem parkir yang Match Parking pakai sudah menggunakan perangkat hardware indoor, kenapa sih harus indoor?

karena jika anda menggunakan PC  di outdoor maka sistem yang anda gunakan tidak akan bekerja dengan sempurna.

mengapa? Berdasarkan pengalaman kami sistem parkir menggunakan pc pada outdoor (BOX tiket parkir) akan menyebabkan panas pada PC tersebut atau disebut Hang, sehingga sistem tidak berjalan normal.

Karena kasus tersebut, kami mulai meneliti dan mengembangkan sistem pada mesin tiket parkir berbasis microcontroller yang dikembangkan oleh team ahli dari lulusan perguruan tinggi di bidang IT ternama.

Tinggalkan Balasan