10 Area Dilarang Parkir

10 Area Dilarang Parkir – Pemerintah telah memberikan kejelasan mengenai kriteria parkir. Tercantum dalam Undang-Undang (UU) No. 22 Tahun 2009 pasal satu nomor 15, “Parkir adalah keadaan kendaraan berhenti atau tidak bergerak untuk beberapa saat dan ditinggalkan pengemudinya”. Masih dalam undang-undang yang sama, tercantum pada bagian kedua paragraph 7 pasal 120 bahwa “Parkir kendaraan di jalan dilakukan secara sejajar atau membentuk sudut menurut arah lalu lintas.”

area dilarang parkir
credit : http://detaksatu.com/2018/06/08/dishub-pasang-rambu-dilarang-parkir-di-sekitar-living-word/

Berikut 10 area terlarang untuk parkir mobil yang wajib Anda ketahui, yaitu :

  1. Di atas pinggiran rumput atau bahu jalan.
  2. Tikungan, bahu bukit atau sebuah jembatan.
  3. Di jalan layang, terowongan, atau di sisi jalan yang menuju jalan layang atau terowongan.
  4. Di tempat pejalan kaki atau trek sepeda.
  5. Sepanjang jalan yang licin.
  6. Dekat lampu lalu lintas atau penyebrangan pejalan kaki.
  7. Menghadap bagian depan mobil ke arah lalu lintas yang berlawanan.
  8. Di jalan utama atau di jalan dengan lalu lintas yang melaju cepat.
  9. Dalam 6 meter (20 kaki) dari suatu persimpangan, atau dalam 9 meter (30 kaki) dari suatu pemberhentian bus, kecuali jika keadaan rusak. Lalu jangan berhenti atau parkir 3 meter (10 kaki) di sisi lain hidran pemadam api atau yang dapat mengganggu akses kendaraan pemadam ke hidran.
  10. Berhadapan atau dekat dengan kendaraan berhenti lainnya di seberang jalan sehingga mempersempit ruang jalan.

Peraturan Lainnya…

Pada bagian kedua di UU No.22 Tahun 2009 pasal 121, tertulis mengenai parkir yang diperbolehkan dalam kondisi darurat. Pada pasal ini disebutkan bahwa seluruh kendaraan bermotor yang harus parkir akibat kondisi darurat, maka pengemudi wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain.

Jika nekat memarkirkan kendaraannya di daerah-daerah terlarang tersebut, siap-siap ditilang dan dikenakan sanksi, seperti yang tertulis dalam pasal 287 Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, akan dikenakan denda Rp 250.000 atau pidana kurungan paling lama satu bulan.

Sudah Jelas bukan aturannya? Mari bersama-sama mengikuti aturan yang berlaku, bukan karena takut denda namun karena kesadaran akan keselamatan bersama, ya…

Cara Mengurus Izin Perusahaan Parkir

Cara Mengurus Izin Perusahaan Parkir – Parkir adalah keadaan tidak bergerak suatu kendaraan yang bersifat sementara karena ditinggalkan oleh pengemudinya. Secara hukum dilarang untuk parkir di tengah jalan raya; namun parkir di sisi jalan umumnya diperbolehkan.

Perparkiran adalah suatu bidang jasa biasa yang akan menjadi luar biasa jika dikelola dengan baik. Banyaknya usaha khususnya yang bergerak di bidang perdagangan dan mengundang massa, seperti mall, supermarket, taman rekreasi paling tidak berimbas pada penyediaan tempat parkir yang baik dan strategis.

parkir
credit : https://viral.solopos.com/read/20190131/486/968686/super-rapi-parkiran-motor-sma-n-4-tangerang-selatan-viral

Tempat parkir biasanya dibangun atau di dirikan tidak jauh dari kegiatan manusia sehari-hari . Biasanya didirikan didepan toko atau ruko, restoran, rumah sakit, mall, dan masih banyak lagi.

Untuk mendirikan sebuah area parkir maka seseorang harus memenuhi persyaratan yang telah di tentukan. Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi :

Pembangunan fasilitas parkir untuk umum harus memenuhi persyaratan :

  1. dapat menjamin keselamatan dan kelancaran lalu lintas;
  2. mudah dijangkau oleh pengguna jasa;
  3. apabila berupa gedung parkir, harus memenuhi persyaratan konstruksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  4. apabila berupa taman parkir, harus memiliki batas-batas tertentu;
  5. dalam gedung parkir atau taman parkir diatur sirkulasi dan posisi parkir
    kendaraan yang dinyatakan dengan rambu lalu lintas atau marka jalan;
  6. setiap lokasi yang digunakan untuk parkir kendaraan diberi tanda berupa
    huruf, atau angka yang memberikan kemudahan bagi pengguna jasa untuk
    menemukan kendaraannya

Untuk menyelenggarakan fasilitas parkir untuk umum, badan hukum Indonesia dan warga negara Indonesia harus memiliki izin penyelenggaraan fasilitas parkir untuk umum.

Dasar Hukum :

  1. Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan;
  2. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2011 Tentang Manajemen Dan Rekayasa, Analisis Dampak, Serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas;
  4. Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM.66 Tahun 1993 tentang Fasilitas Parkir Untuk Umum;

Dokumen perizinan usaha parkir :

  • Fotokopi KTP penanggung jawab usaha
  • Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan jika berbadan hukum
  • Fotokopi NPWP Nomor Pokok Wajib Pajak
  • Fotokopi IMB atau Izin Mendirikan Bangunan
  • Fotokopi SIUP Surat Izin Usaha Perdagangan jika berbadan hukum
  • Izin Gangguan atau HO
  • IPB atau Izin Penggunaan Bangunan
  • Bukti kepemilikan tanah atau Surat Kuasa pengguna tanah dari pemilik
  • Denah ruang parkir dan sebagainya

Ijin penyelenggaraan fasilitas parkir untuk umum biasanya memungut biaya, selain persyaratan diatas, maka para pemohon juga diwajibkan menandatangani perjanjian bersama dengan Gubernur pada formulir yang telah disediakan oleh Unit Pelayanan Perparkiran Dinas Pendapatan Daerah tingkat I.

Dalam membuka usaha atau bisnis perparkiran sangat memberikan keuntungan yang banyak apalagi saat liburan tiba tempat parkir akan banyak di butuhkan oleh orang-orang saat bepergian ke tempat yang terdapat area parkirnya. Demikian informasi penting mengenai perparkiran. Semoga bermanfaat

Undang-Undang Pengguna Parkir Yang Jarang Diketahui

Undang-Undang Pengguna Parkir Yang Jarang Diketahui

1* Perlidungan Atas Kehilangan Kendaraan

Sering kita jumpai tulisan “KEHILANGAN ATAU KERUSAKAN DI AREAL INI BUKAN TANGGUNG JAWAB KAMI”? di area parkir. Kalimat yang begitu menjengkelkan itu sengaja dipajang oleh pengelola tempat parkir yang menunjukkan betapa tidak bertanggung jawabnya mereka atas usaha yang sedang mereka jalankan.

pencurian kendaraan
credit : https://www.semuamimpi.xyz/2019/01/arti-mimpi-kehilangan-mobil.html

Anda tidak perlu khawatir, karena menurut Pasal 18 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen:

  1. Pelaku usaha (perusahaan tempat parkir) dalam menawarkan barang/atau jasa yang ditujukan untuk diperdagangkan, dilarang membuat atau mencantumkan klausula baku pada setiap dokumen dan/atau perjanjian (dalam hal ini karcis tanda bukti parkir) apabila:
  2. a) Menyatakan pengalihan tanggung jawab pelaku usaha. Penggunaaan tempat parkir termasuk dalam perjanjian penitipan barang, sehingga menurut Pasal 1706 KUHPerdata, perusahaan pengelola tempat parkir harus menjaga barang yang dititipkan pada areal miliknya dengan baik, sebaik barang miliknya sendiri.

Jika Anda menjumpai pelangaraan hukum seperti diatas, menurut Pasal 45 Undang-Undang No. 8 Tahun 199, upaya hukum yang dapat ditempat:

  • Menggugat pelaku usaha secara perdata melalui badan peradilan umum.
  • Melaporkan secara pidana pelaku usaha atas dugaan melanggar Pasal 16 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999, pelaku diancam dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan pidana denda paling banyak… Rp 500.000.000,-

2* Tetangga Parkir Sembarangan

Banyak pemilik mobil, bahkan pemilik sepeda motor, tidak memiliki lahan parkir yang memadai. Tempat tinggal pemilik ada di dalam lorong-lorong sempit berkelok-kelok bagai labirin di sekitar jalan umum tempat mobil diparkir. Banyak juga yang memarkir mobilnya di jalanan sempit di depan rumah hingga mengganggu akses tetangga yang hendak masuk ke rumahnya sendiri.

parkir
credit : https://oto.detik.com/mobil/d-3641178/punya-mobil-tak-punya-garasi-jadi-masalah-semua-komplek-perumahan

Satu hal yang perlu diketahui bahwa mereka bisa mengajukan gugatan hukum terhadap para tetangga yang menjengkelkan. Aturan hukum untuk menuntut ganti rugi bahkan memperkarakan tetangga pelanggar adalah Pasal 140 ayat 2 Perda 5/2014 dan Pasal 671 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer).

Pasal 140 ayat 2 menegaskan bahwa;

“Jalan setapak, lorong atau jalan besar milik bersama dan beberapa tetangga, yang digunakan untuk jalan keluar bersama, tidak boleh dipindahkan, dirusak atau dipakai untuk keperluan lain dari tujuan yang telah ditetapkan, kecuali dengan izin semua yang berkepentingan”

Para pemilik mobil perlu memikirkan ulang memarkiri mobil di jalanan. Sebab, memarkir kendaraan di jalanan lebih dari sekadar mengganggu akses warga, tapi juga mengancam keselamatan bersama.

Motor dan Helm Hilang di Parkiran ? Anda Bisa Tuntut Pengelola Parkir Sesuai Undang-Undang

Masalah helm dan kendaraan hilang di parkiran memang sering kita jumpai ya, padahal tak jarang tempat parkir tersebut bahkan dikelola dan dijaga oleh juru parkir. Dalam praktik, memang umum ditemui pengelola parkir yang memasang tulisan ”kehilangan barang bukan menjadi tanggung jawab pengelola parkir” di lokasi parkir sebagai bentuk pengalihan tanggung jawabnya atas kendaraan yang hilang atau barang yang hilang dalam kendaraan.

undang-undang parkir
credit : https://riaurealita.com/mobile/detailberita/3246/lupa-cabut-kunci-kontak-sepeda-motor-nur-hilang-di-parkir-gedung-puri-cendana

Jika hal tersebut terjadi, biasanya kita bingung dan hanya bisa menanyakan ke juru parkir kemana helm kita tanpa tahu harus meminta tanggung jawab siapa. Padahal, sebenarnya kita dapat menuntut pengelola parkir untuk mengganti rugi atas kehilangan barang kita di tempat parkir.

Tempat parkir berdasarkan Putusan MA No. 3416/Pdt/1985, merupakan perjanjian penitipan barang.

Undang-Undang Tentang Perparkiran

Dalam hal hilangnya kendaraan milik konsumen, pemilik tempat parkir tidak bisa melepaskan tanggung jawab begitu saja. Pemilik tempat parkir dapat digugat secara perdata karena Perbuatan Melawan Hukum berdasarkan

Pasal 1365, 1366, dan 1367 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (“KUHPer”).

Pasal 1365

Tiap perbuatan yang melanggar hukum dan membawa kerugian kepada orang lain, mewajibkan orang yang menimbulkan kerugian itu karena kesalahannya untuk menggantikan kerugian tersebut.

Pasal 1366

Setiap orang bertanggung jawab, bukan hanya atas kerugian yang disebabkan perbuatan-perbuatan, melainkan juga atas kerugian yang disebabkan kelalaian atau kesembronoannya.

Pasal 1367

Seseorang tidak hanya bertanggung jawab, atas kerugian yang disebabkan perbuatannya sendiri, melainkan juga atas kerugian yang disebabkan perbuatan-perbuatan orang-orang yang menjadi tanggungannya atau disebabkan barang-barang yang berada di bawah pengawasannya.

helm
credit : https://edorusyanto.wordpress.com/2011/09/23/model-helm-parkir/

Selain itu, helm juga dapat dikatakan sebagai benda yang “menempel” pada motor. Oleh karena itu, hilangnya barang milik konsumen menjadi tanggung jawab pengusaha parkir.

Senada dengan Pasal 1706 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (“KUHPer”) yang mengatakan:

“Penerima titipan wajib memelihara barang titipan itu dengan sebaik-baiknya seperti memelihara barang-barang kepunyaan sendiri.”

Selain itu dalam Pasal 1367 KUHPer disebutkan bahwa:

“Seseorang tidak hanya bertanggung jawab, atas kerugian yang disebabkan perbuatannya sendiri, melainkan juga atas kerugian yang disebabkan perbuatan-perbuatan orang-orang yang menjadi tanggungannya atau disebabkan barang-barang yang berada di bawah pengawasannya.”

Umumnya, pemilik kendaraan atau pengguna jasa tempat parkir lebih mengutamakan untuk memperoleh ganti kerugian atas kerugian yang dialaminya, yakni hilangnya kendaraannya. Jadi, pemilik atau pengelola tempat parkir harus bertanggung jawab terhadap kendaraan yang telah dititipkan kepadanya, dan konsumen parkir yang dirugikan karena  kendaraannya hilang di lokasi parkir dapat menggugat pemilik atau pengelola tempat parkir secara perdata.

Untuk mencegah terjadinya kehilangan kendaraan yang sedang Anda parkir, Anda dapat membaca 6 Tips Menghindari Resiko Pencurian Kendaraan

7 Negara Dengan Parkir Terunik dan Terbaik

Persoalan parkir memang menjadi masalah serius, terlebih bila jumlah kendaraannya sangat banyak. Di sejumlah negara maju, tempat parkir memiliki bentuk dan ciri khas masing-masing. Tempat yang strategis, lahan sempit yang bisa dimanfaatkan, penataan parkir dengan bantuan teklologi canggih, sehingga pengendara tak perlu pusing berputar-putar untuk mencari lokasi kosong dan juga bentuk yang unik menjadi salah satu alasan tempat parkir ini tampak keren sekali.

Berikut adalah beberapa negara yang memiliki sistem parkir terunik dan terbaik di dunia :

1* Smart Tower, Eropa

parkir
credit ; https://international.sindonews.com/read/1279946/45/tempat-parkir-canggih-di-dunia-seperti-lemari-mobil-mobilan-1517923316

Tempat parkir berbentuk tower dan simpel, serta tidak memakan tempat yang banyak adalah salah satu keunikan tempat parkir ini. Tempat parkir smart tersebar di 70 titik lokasi di Eropa.

2* Umi Hotaru Tokyo, Jepang

parkir
credit : https://infoalvin.blogspot.com/2016/10/top-5-tempat-parkir-paling-keren-di.html

Mungkin karena lahan yang terbatas, Jepang terus berinovasi untuk memiliki lahan parkir. Umi Hotaru merupakan tempat parkir dengan pemandangan yang indah, dan juga mengapung. Tak heran banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini hanya untuk sekadar berfoto.

3* Parkeringsbat Gothenburg, Swedia

parkir
credit : https://ceritague99.blogspot.com/2013/09/7-tempat-parkir-paling-keren-di-dunia.html

Inilah tempat parkir apung di Gothenburg, Swedia. Unik dan indah, tempat parkir ini disediakan untuk Gothenburg city centre yang letaknya di pinggir laut. Bisa memuat 400 mobil.

4* Hamilton Park, Singapura

parkir
credit : https://www.propertyguru.com.sg/project/reignwood-hamilton-scotts-1311

Salah satu apartemen di Singapura menyediakan sebuah lahan parkir yang bisa terlihat langsung oleh pemilik kamar. Cara kerjanya yaitu mobil diangkat menggunakan lift yang disediakan oleh pengembang Hamilton Park. Hebatnya, penghuni tinggal menggunakan jempol untuk menggerakkan mobil menuju apartemennya.

5* Autostadt CarTowers Wolfsburg, Jerman

parkir
credit : http://www.vancouversun.com/Photos+Volkswagen+futuristic+storage+tower+Germany/4417214/story.html

Benua Eropa tak mau ketinggalan, Jerman memiliki gedung parkir super keren. Lokasinya di Wolfsburg, Jerman. Inilah markas mobil VW. Ada 20 lantai dan bisa memuat 800 mobil.

6* Greenway Self Park Chicago, Amerika Serikat

parkir
credit : https://blogunik.com/wow-tempat-tempat-parkir-ini-lebih-keren-dari-pada-mobilnya/

Bagaimana dengan tempat parkir di Amerika Serikat? Salah satu gedung parkir di Chicago menggunakan angin sebagai tenaganya. Kok bisa? Sebab di kota ini terkenal dengan kota angin, begitu juga lahan parkir ini menyediakan charger untuk mobil listrik.

7* Michigan Theatre Detroit, Amerika Serikat

parkir
credit : https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00047143.html

Uniknya tempat parkir ini adalah dulunya sebuah gedung teater yang megah dan mewah. Namun, kini berubah fungsi menjadi tempat parkir. Tempat ini tak kalah keren dengan Greenway Self Park Chicago.

Tidak hanya unik, tempat parkir juga harus dikelola dengan baik. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengelola parkir yang baik :

1. Waktu Pemakaian Lokasi Parkir

Ketika lokasi parkir yang dibangun wajib memiliki fasilitas tambahan demi kepuasan konsumen yang memakai area parkir maka standar keamanan lokasi parkir perlu diperhatikan benar. Standar lokasi parkir yang jelas, akan meminimalisir terjadinya tindak kejahatan dan membuat tingkat kepercayaan konsumen meningkat.

4. Konstruksi Parkir

Ketika area parkir tergolong area indoor, maka konstruksi lahan parkir perlu diperhatikan dengan benar. Konstruksi ini nantinya membantu pengelola lahan parkir untuk mempersiapkan jadwal pemeliharaan gedung dan pembenahan berkala. Dengan begitu, lahan parkir akan selalu terlihat kokoh dan terawat.

5. Fasilitas Perlengkapan Parkir

Ketika membangun area parkir baik indoor maupun outdoor, ada fasilitas pelengkap yang perlu dimiliki agar nantinya pengguna area parkir tidak kesulitan melakukan aktifitasnya maupun memarkir mobil.

Untuk mencari fasilitas perlengkapan parkir yang lengkap dan murah Anda bisa memeasannya secara online melalui match.co.id

6. Sistem Informasi Parkir

Pengelolaan manajemen parkir yang profesional memudahkan perusahaan menganalisa segala kebutuhan akan laporan perparkiran guna menentukan strategi bisnis selanjutnya. Kecepatan data transfer dan penyediaan laporan tidak akan terwujud jika pengelolaannya masih dilakukan secara manual. Untuk mengatasi masalah-masalah perparkiran, sudah saatnya perusahaan menggunakan aplikasi/program parkir yang tersistem.

Selain itu dengan menggunakan sistem informasi parkir memiliki banyak manfaat daintaranya, Dapat meningkatkan keamanan, Mengurangi antrian kendaraan masuk karena pencatatan sudah melalui komputer, Informasi jumlah kendaraan yang masuk/keluar tersaji dalam hitungan menit dan lainnya. Salah satu sistem informasi parkir yang memiliki banyak manfaat dan berbagai fitur menarik adalah match.co.id

Mengenal Sensor Pendeteksi Gerakan

Detektor gerak adalah perangkat yang dapat mendeteksi objek bergerak, khususnya orang. Sebuah detektor gerak sering diintegrasikan sebagai komponen sistem yang secara otomatis melakukan tugas atau alert pengguna gerak di suatu daerah. Detektor gerak membentuk komponen penting dari keamanan, kontrol pencahayaan otomatis, kontrol rumah, efisiensi energi, dan sistem lain yang bermanfaat.

Fungsi Perangkat Pendeteksi Gerakan

Setidaknya ada dua fungsi utama dari perangkat ini yaitu sebagai bagian dari sistem alarmdan sebagai sistem kontrol peralatan listrik di rumah, misalnya lampu ruangan. Jadi yang perlu digarisbawahi, selain sebagai sistem keamanan, perangkat pendeteksi gerakan ini juga dapat menjadi alat kontrol penggunaan listrik di rumah.

sensor gerakan
credit : https://match.co.id/shop/alarm-system/pir-motion-detector-110%E2%81%B0-pir110pi/

Penggunaan motion sensor sebagai alarm, perangkat ini dapat mendeteksi ketika ada objek yang bergerak, seperti orang yang berjalan. Biasanya perangkat ini terintegrasi dengan perangkat lain untuk membunyikan alarm atau memberikan notifikasi melalui smartphone saat mendeteksi gerakan pada wilayah yang menjadi pantauannya. Penggunaan sensor gerak sebagai bagian dari sistem alarm dapat memberikan perlindungan tambahan karena sifatnya yang terus berfungsi selama terhubung ke sumber daya baik listrik rumah maupun baterai.

Penggunaan motion sensor sebagai sensor lampu/alat elektronik, perangkat ini berfungsi sebagai sakelar otomatis yang menyalakan lampu saat mendeteksi adanya gerakan di ruangan. Penggunaan sensor lampu seperti ini dapat menghemat penggunaan listrik terutama pada daerah yang cukup jarang dilalui orang.

Match.co.id menyediakan banyak pilihan perangkat motion sensor, salah satunya PIR Motion Detector

Keunggulan Perangkat Pendeteksi Gerakan

Dibandingkan dengan sistem CCTV, penggunaan perangkat pendeteksi gerakan memiliki keunggulan dalam instalasi. Pemasangan perangkat ini tidak memerlukan koneksi terhadap komputer atau jaringan internet. Perangkat ini dapat meng-cover hampir seluruh ruangan. Selain itu, perangkat ini juga mampu bekerja di siang dan malam hari, di dalam atau di luar ruangan, tanpa perlu mempertimbangkan fitur tambahan.

Meski memiliki beberapa keunggulan, penggunaan perangkat pendeteksi gerakan dapat menimbulkan masalah jika Sahabat memiliki hewan peliharaan yang sering lalu lalang di dalam ruangan. Namun, dengan semakin berkembangan teknologi, sahabat tidak perlu khawatir dengan adanya salah deteksi karena masalah ini. Selain itu, perangkat ini juga bisa dinon-aktifkan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Terkadang, perangkat pendeteksi gerakan juga diintegrasikan dengan lampu. Ketika ada gerakan yang terdeteksi, lampu yang terintegrasi dengan perangkat ini akan otomatis menyala. Hal ini untuk mencegah adanya pencuri yang bersembunyi dalam kegelapan.

Tips Dalam Memasang Alat Pendeteksi Gerakan

  • Jangan pasang perangkat ini menghadap jendela yang terhubung ke jalan. Meskipun, perangkat ini tidak akan mendeteksi gerakan manusia yang berada di luar jendela, tetapi salah deteksi dapat terjadi akibat adanya sinar lampu atau matahari yang menyebabkan alarm berbunyi.
  • Jangan pasang perangkat ini dekat dengan air conditional/AC atau tempat-tempat yang memungkinkan adanya perubahan suhu secara drastis untuk mencegah salah deteksi.
  • Perangkat pendeteksi gerakan memiliki blind-spot. Sebagai contohnya PIR sensor tidak bisa mendeteksi gerakan yang bergerak menghadap langsung ke perangkat. Oleh sebab itu pemasangan beberapa perangkat dalam ruangan harus mempertimbangan blind-spotdari masing-masing perangkat.
  • Pastikan perangkat yang sahabat gunakan cukup bersih dibagian depannya. Kotoran atau debu dapat menghambat kerja sensor.

5 Cara Mengamankan Toko mu Dari Maling

5 Cara Mengamankan Toko mu Dari Maling – Apakah kamu termasuk pengusaha UMKM ?  Para pengusaha UMKM biasanya memilih toko, ruko atau bahkan rumah tinggal sebagai tempat usaha, baik itu warung makan, salon kecantikan, kafe, butik pakaian atau berbagai bentuk usaha independen lainnya, masalah pengamanan tempat usaha ini merupakan satu hal yang harus diberi perhatian khusus.

pencurian toko
credit : https://daerah.sindonews.com/read/1261012/174/viral-pencurian-saat-penjaga-toko-tertidur-mendunia-1511773828

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, pepatah bijak tersebut sangat cocok dengan situasi ini. Jangan sampai kalau sudah kejadian kita baru ribut cari alat untuk mengamankan tempat usaha kita.

Berikut ini  cara untuk menyiasati agar lokasi usaha lebih aman dan terhindar dari incaran maling.

#1 Pintu dan Jendela

rolling door
credit : https://pintulipatrolling.com/proyek/374-pemasangan-pintu-rolling-door-perforated-otomatis-di-miniso-surabaya

Pintu dan jendela adalah dua hal terpenting, karena, bila tidak diamankan, keduanya akan memberi akses mudah bagi pengunjung yang tak diinginkan untuk masuk ke dalam tempat usaha kita.

Pastikan semua pintu dan jendela kaca terkunci dengan rapat setelah jam usaha berakhir. Kebanyakan ruko melengkapi pintu masuk dan jendela dengan roll door dari besi. Tambahkan gembok yang cukup kuat dan berinvestasilah dengan sensor deteksi yang berfungsi untuk menyalakan alarm saat ada yang mencoba membuka paksa roll door, jendela atau pintu manapun.

#2 Lampu Sorot

lampu sorotMaling paling suka tempat yang gelap-gelap – karena dengan mudah mereka dapat bersembunyi di keremangan cahaya. Nah, salah satu trik psikologis yang paling sering digunakan oleh para pemilik usaha (dan pemilik rumah yang sedang bepergian) adalah menyalakan lampu sorot yang mengarah tepat ke depan pintu dan jendela utama, sehingga siapapun yang ingin mencoba masuk tidak akan tersembunyi di dalam kegelapan.

#3 CCTV

cctv
credit : https://match.co.id/shop/hd-cctv-camera-avtech/avt503sa/

Pasanglah CCTV alias kamera pengawasan di tempat-tempat yang tepat. Oh ya, selain untuk pengamanan anti maling, CCTV juga berfungsi untuk mengawasi kejadian sehari-hari di tempat usahamu – bila ada keributan, pencurian atau insiden apapun di saat jam usaha berlangsung, rekaman CCTV inipun bisa jadi peganganmu untuk mengatasi segala masalah yang mungkin timbul.

Jika Anda sedang mencari CCTV dengan harga terjangkau, Anda bisa memesannya di Match.co.id, terdapat banyak pilihan model dan type CCTV yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

#4 Alarm Keamanan

security system
credit : https://match.co.id/shop/alarm-system/audio-visual-warning-device/jumbo-siren-with-flashing-light-jsf118/

Menghindari resiko penyusupan atau pencurian. kita harus memastikan bahwa tempat usaha kita sudah terproteksi dengan baik . Dengan adanya Security Alarm System ini dapat menghindari atau mencegah kejadian seperti ini dengan di lengkapinya sensor pengaman di tempat atau lokasi anda berada. Sensor akan memberikan trigger alarm apabila ada penyusup yang masuk melalui pintu atau Jendela yang sudah di proteksi dengan sensor.

Security Alarm System ini dapat Anda pesan secara online salah satunya di Match.co.id, di Match.co.id Anda bisa mendapatkan Security Alarm System ini dengan harga terjangkau dan juga bergaransi.

#5 Cari Pegawai Yang Dapat Dipercaya

pegawai toko
credit : https://www.karirriau.com/2016/10/lowongan-kerja-koperasi-as-shofa-as.html

Saat mewawancarai calon pegawai, kamu harus cek latar belakang si calon pegawai, sehingga kamu tahu dengan pasti identitas sang pegawai baru nanti. Lalu, tentukan hanya satu pintu yang bisa digunakan keluar-masuk karyawan, sehingga kamupun bisa mengawasi kegiatan karyawan sehari-hari.

Kamu juga harus mendidik semua pegawai untuk mentaati prosedur keamanan – seperti tidak menggeletakkan barang-barang penting, dokumen-dokumen sensitif dan berbagai hal yang berharga lainnya secara sembarangan. Bila kamu punya anggaran ekstra, rasanya, menyewa satu staf khusus keamanan adalah investasi yang cukup baik, sehingga karyawan-karyawan lain pun tidak terganggu dan bisa konsentrasi pada pekerjaan masing-masing.

 

6 Jenis Peralatan Parkir Yang Jarang Diketahui

6 Jenis peralatan parkir yang jarang diketahui – Untuk warga ibu kota mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah parkir, di semua tempat seperti perusahaan, pusat perbelanjaan, gedung pertemuan, rumah sakit, kampus semua menggunakan parkir. Walaupun hampir setiap hari menggunakan nya mungkin sebagian dari kita belum mengetahui nama peralatan parkir dan fungsi-fungsinya. Berikut beberapa jenis peralatan parkir yang jarang diketahui orang.

*1 Barrier Gate (Palang Parkir)

parkir
credit : https://match.co.id/shop/barrier-gate-access-pro/access-pro/

Barrier Gate penting sekali untuk keamanan suatu area parkir ketika seseorang ingin mengelola suatu bangunan pastinya memikirkan keamanan parkir inilah sebabnya kenapa pabrik, gudang, supermarket, pusat perbelanjaan, dan tempat sibuk lainnya menggunakan hambatan seperti trotoar dilepas. Ini dapat diinstal untuk tujuan keamanan di gerbang atau pintu masuk dan keluar gedung. Memiliki hambatan ini akan membantu Anda menerapkan langkah-langkah keamanan. Trotoar juga memberikan banyak manfaat, membuat mereka layak investasi.Keamanan itu sangat penting sekali buat siapapun apabila anda berkunjung di pusat perbelanjaan. Setiap perusahaan menjual barrier gate dengan bermacam – macam jenis oleh sebab itu pilihlah barrier gate yang sesuai dengan kebutuhan anda.

*2 Pos Parkir

pos parkir
credit : https://match.co.id/shop/pos-parkir/jual-pos-parkir-spesifikasi-pos-parkir/

Pos Parkir merupakan tempat komunikasi antara pengguna lahan parkir dengan sistem perhitungan biaya parkir atau software parkir. Pos Parkir merupakan pos tempat pengambilan tiket/bukti masuk parkir serta menjadi tempat pembayaran biaya parkir (Parking Out) dan dipasang palang parkir.

*3 Tiket Box Dispenser

box parkir
credit : https://match.co.id/shop/tiket-dispenser/jual-box-tiket-dispenser-label/

Dispenser Tiket merupakan merupakan media berupa semacam box yang desainnya beraneka macam, yang berfungsi  untuk memudahkan pengendara baik motor maupun mobil  mengambil tiket masuk parkir, tanpa harus terjadi interaksi dengan petugas dan tanpa harus membawa kendaraan mendekati pos parkir.  Umumnya isi dari dispenser tiket ini terdapat beberapa perangkat/interface parkir dan terdapat printer untuk mencetak struk/tiket parkir.

*4 CCTV

cctv
credit : https://match.co.id/?post_type=product&s=cctv

CCTV di tempat parkir dapat menjadi alat yang berharga untuk mencegah, menghalangi, atau merekam suatu tindak kejahatan di area parkir. Pemilihan jenis CCTV yang tepat dapat memantau dan merekam semua aktivitas yang terjadi di tempat parkir. Meskipun kamera tidak bisa menghentikan kejahatan yang sedang berlangsung, ketika calon penjahat menyadari adanya sistem kamera keamanan terpasang dapat mengidentifikasi dirinya maka ia bisa mengundurkan niat jahatnya. Dengan demikian salah satu manfaat penggunaan CCTV di tempat parkir adalah sebagai faktor pencegahan atau penanggulangan tindak kriminalitas.

*5 Rambu Parkir Lainnya

Speed Bump

rambu parkir
credit : https://match.co.id/product-category/rambu-parkir/

Polisi tidur karet / rubber speed bump adalah salah satu aplikasi karet untuk mendukung keselamatan di jalan raya. Panjang polisi tidur karet / rubber speed bump dapat disesuaikan dengan lebar jalan raya atau sesuai kebutuhan karena polisi tidur karet / rubber speed bump ini diproduksi berupa potongan karet.

Polisi tidur karet / rubber speed bump didesain dalam bentuk panel-panel dengan ukuran sedang yang memiliki kesamaan bentuk sehingga mudah dipasang atau digabungkan, dilengkapi juga dengan polisi tidur karet berbentuk setengah lingkaran untuk dipasang pada ujung-ujung dari rangkaian polisi tidur karet / rubber speed bump tersebut. Tujuannya sebagai pengaman dan membuat rangkaian polisi tidur karet akan lebih awet. Polisi tidur karet / rubber speed bump diproduksi dalam warna hitam dan kuning menggunakan bahan karet yang tahan cuaca sehingga produk ini sesuai untuk pemakaian indoor maupun outdoor.

Traffic Cone

rambu parkir
credit : https://match.co.id/product-category/rambu-parkir/

Traffic cone adalah piranti penyusunan jalan raya yang berbentuk sesaat berbentuk kerucut yang terbuat dari plastik atau karet. Banyak dipakai untuk mengarahkan jalan raya untuk hindari bagian jalan yang tengah ada perbaikan, mengalihkan jalan raya pada kecelakaan lalu-lintas, atau membuat perlindungan pekerja di jalan yang tengah lakukan pekerjaan perawatan dan pemeliharaan jalan.

*6 Software Parkir

software parkir
credit : https://match.co.id/shop/software-parkir/software-parkir-manless/

Pengelolaan manajemen parkir yang profesional memudahkan perusahaan menganalisa segala kebutuhan akan laporan perparkiran guna menentukan strategi bisnis selanjutnya. Kecepatan data transfer dan penyediaan laporan tidak akan terwujud jika pengelolaannya masih dilakukan secara manual. Untuk mengatasi masalah-masalah perparkiran, sudah saatnya perusahaan menggunakan aplikasi/program parkir yang tersistem. Akan lebih baik lagi jika program parkir dapat diintegrasikan dengan program keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan yang lebih komprehensif. Salah satu Software parkir yang mudah digunakan dan mempunyai banyak kelebihan adalah Match.co.id

Berikut beberapa kelebihan software parkir Match.co.id :

  1. Meningkatkan keamanan kendaraan
  2. Mengurangi antrian kendaraan masuk karena pencatatan sudah melalui komputer
  3. Eliminasi kesalahan petugas parkir dalam mencatat nomor dan jam masuk kendaraan
  4. Pengganti sistem penggunan kartu parkir manual yang sudah out of date yang dapat dimanfaatkan untuk kejahatan pencurian kendaraan
  5. Tarif dan jenis kendaraan dapat Anda tentukan sesuai kebijakan perusahaan
  6. Informasi jumlah kendaraan yang masuk/keluar tersaji dalam hitungan menit
  7. Informasi pendapatan parkir masuk & denda kehilangan tiket disajikan secara transparan & real time dalam bentuk grafik yang informatif
  8. Evaluasi pengembangan lahan & fasilitas parkir menjadi mudah karena ditunjang dengan laporan-laporan analisa yang lengkap

 

 

 

Mengenal 3 Jenis Smart Card

Mengenal 3 jenis smart card – Kartu pintar (Inggris smart card) adalah sebuah kartu yang telah dipendam sirkuit terpadu. Meskipun banyak kegunaannnya, namun ada dua pembagian dasar dari kartu ini, yaitu kartu memori dan kartu dengan mikroprosesor. Smart Card didefinisikan sebagai sebuah kartu dengan IC (Integrated Circuit) yang tertanam di dalamnya. Disebut pintar, karena kartu ini di dalamnya berisi rangkaian elektronik dalam bentuk Integrated Circuit (IC) yang bisa “berbicara” dengan suatu alat baca tertentu.

Kelebihan Smart Card

  • Perlindungan data dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
  • Keamanan menyimpanan data
  • Peng-copy-an smart card lebih sulit dilakukan karena, mempunyai no seri yang berbeda tiap kartunya.
  • Keamanan menggunakan sistem kunci simetris (algoritma DES) dan sistem kunci publik (algoritma RSA)

Kekurangan Smart Card

  • Normal cardholder, yang berusaha mencoba melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan prosedur sistem.
  • Careless cardholder, yang sering menghilangkan atau merusak kartu atau mesin terminal.
  • Card thieves, pencuri kartu yang telah mendapatkan beberapa informasi penting untuk menggunakan kartu yang didapat.
  • Malicious cardholder, yang mempunyai akses terbesar ke sistem atau menyediakan kartu untuk analisis.
  • outsider, yang mempunyai akses ke sistem.
  • insider, biasanya adalah karyawan perusahaan yang mengeluarkan kartu yang mempunyai kesempatan menyalin, menganalisis atau mencuri data untuk diberikan ke orang lain.

Jenis Smart Card

*1 Card UHF

smart card

UHF Card adalah kartu smart card dengan frekuensi tinggi sehingga jarak pembacaannya bisa lebih jauh. Biasanya kartu ini sering diaplikasikan pada Sistem parkir / Sistem Akses Perumahan / Sistem Pergudangan / Logistik / Supply Chain / kargo / gudang manajemen / inspeksi listrik / VIN / rumah-sekolah / kehadiran staf / dll.

*2 RFID Proximity

smart card
credit : https://match.co.id/shop/rfid-card/jual-kartu-rfid-proximity/

Proximity Card dikenal dengan read card kartu ini tidak bisa menulis untuk menyimpan data jarak baca kartu berkisar 3-5 cm, bahkan ada yang harus dibaca dengan di dekatkan di reader, frekuensi yang dipakai 125 Khz..

Kartu Proximity  adalah smart card yang dapat dibaca tanpa memasukkan kedalam perangkat pembaca, seperti yang dipersyaratkan oleh generasi sebelumnya seperti kartu strip magnetik yang terdapat dalam  kartu kredit . Untuk menggunakannya, kartu proximity hanya mendekatkan saja ke  sebuah pembaca elektronik (reader) sejenak. Reader biasanya menghasilkan bunyi bip atau suara lainnya untuk menunjukkan kartu telah dibaca.

*3 RFID Mifare

smart card
credit : https://match.co.id/shop/rfid-card/jual-kartu-rfid-mifare/

Kartu RFID Mifare adalah sejenis kartu semi konduktor yang diproduksi oleh NXP (philips) yang sering digunakan untuk public transportation, parking, ID card, sistem absensi, tiket, kartu kredit, kartu toll, dan masih banyak aplikasi lainya. Frekuensi yang umum digunakan pada kartu  dan alat pembacanya (card reader) adalah 13.56 MHz.

Untuk mendapatkan UHF Card, RFID Proximity, dan RFID Mifare Anda dapat memesannya di Match.co.id.

6 Langkah Antisipasi Banjir Masuk ke Rumah

6 Langkah Antisipasi Banjir Masuk ke Rumah – Perubahan cuaca saat musim hujan dalam beberapa hari ini di sejumlah daerah, terjadi karena terdapat pola angin di sekitar Indonesia yang memengaruhi musim hujan. Angin dari barat dan angin dari timur masih ada.

Curah hujan yang terus meningkat dengan intensitas yang cukup lama, berpotensi mengundang bencana banjir, yang hampir setiap tahunnya melanda. Bagi masyarakat yang tinggal di dekat bantaran kali dan wilayah permukaan rendah yang menjadi langganan banjir, kewaspadaan harus lebih ditingkatkan. Terlebih, bagi warga yang belum berpengalaman menghadapi bencana banjir

Tidak ada yang menduga memang, kapan bencana banjir ini datang. Mari simak 10 langkah antisipasi menghadapi bencana banjir !

*1 Buat Biopori dan Sumur Resapan

banjir
credit : https://rimbakita.com/biopori/

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalaah dengan membuat lubang serapan. Dibuatnya lubang tersebut bisa membuat air hujan yang turun akan lebih mudah meresap ke dalam tanah atau pun dapat dibuang langsung ke saluran drainase.

Untuk membuat sumur resapan memang sedikit memerlukan tenaga dan uang esktra, karena lahan harus dibor dan digali dengan kedalaman yang cukup besar. Sementara itu, cara praktisnya adalah membuat lubang-lubang kecil dengan kedalaman rendah yaitu biopori. Semakin banyak lubang biopori di halaman, maka rumah semakin aman dari bahaya banjir.

Selain berguna sebagai media serapan, biopori juga dapat menjadi sumur pembuatan kompos organik yang bermanfaat.

*2 Gunakan Paving Block di Halaman

banjir
credit : https://www.terraconblock.com/grass-block-untuk-halaman-rumah/

Sebuah rumah harus memiliki lahan terbuka sebagai media serapan air hujan atau air lainnya. Maka dari itu, jangan tutup seluruh area depan rumah atau carport dengan menggunakan aspal atau lantai keramik. Ada baiknya menggunakan paving block atau grass block yang memiliki bolongan di tengahnya. Selain dapat membantu air menyerap ke tanah, penggunaan paving block untuk area carportjuga awet dan kuat.

*3 Jangan Buang Sampah Sembarangan

banjir
credit : https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/bahaya-buang-sampah-sembarangan/

Seperti yang sudah diketahui, salah satu penyebab banjir bersumber dari masyarakat sendiri yaitu kebiasaan membuang sampah ke selokan atau ke sungai. Untuk mengubah kebiasaan itu, tentu harus dimulai dari diri dan lingkungan rumah sendiri.

Anda harus mulai mendisplinkan diri dan anggota keluarga untuk membuang sampah rumah tangga ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Hal ini harus dibiasakan apalagi jika tidak ada petugas pengangkut sampah di tempat tinggal.

*4 Jangan Tutup Selokan

banjir
credit : https://febriharsanto.wordpress.com/2010/06/23/selokan-milik-umum-bukan-milik-pribadi/

Tak sebandingnya pertumbuhan pembangunan jalan dengan jumlah kendaraan kerap membuat orang seenaknya menutup solokan untuk dijadikan lahan lewat kendaraan. Hal itu tentu akan membuat air hujan menggenang terus-menerus sehingga dapat merendam rumah.

Maka itu jangan sekali-kali menutup solokan di depan rumah agar air dapat masuk lalu mengalir ke sungai atau kali. Selanjutnya yang harus dilakukan adalah membersihkan saluran air atau solokan tersebut secara rutin, baik dilakukan secara mandiri atau bersama-sama dengan tetangga.

*5 Menanam Pohon

banjir
credit : http://kodimkudus.blogspot.com/2015/02/persit-kodim-kudus-wujudkan-cinta.html

Tak dapat dipungkiri, kehadiran pohon-pohon di rumah-rumah yang berada di kota semakin minim. Padahal hadirnya pohon-pohon berbatang besar di rumah dapat membantu penyerapan air hujan. Maka itu, sebaiknya Anda juga memulai menanam pepohonan yang memiliki daya serap air tinggi. Beberapa contohnya seperti pacar air, pohon dukuh, pohon kenanga, dan pohon mangga di halaman rumah.

*6 Gunakan Alat Pendeteksi Banjir

alat pendeteksi banjirAlat pendeteksi banjir ini dapat dipasang di pinggir sungai sungai disekitar tempat tinggal Anda, lalu akan ada bunyi sirene sesuai level ketinggian air. Ketika air sungai meluap mengenai sensor, maka akan mengeluarkan bunyi sirine mulai dari tingkat level hijau hingga merah. Alat ini bernama Flood Sensor. Flood Sensor bisa Anda dapatkan di Match.co.id dengan harga terjangkau.

Semoga informasi dan tips yang kami sajikan tersebut dapat bermanfaat bagi Anda untuk menghalau masuknya banjir ke rumah ya.