Kompinasi 2 Fungsi 1 Alat

No comments yet

Asap

Pengertian Smoke Detector

Detektor asap adalah perangkat yang merasakan asap, biasanya sebagai indikator kebakaran . Perangkat keamanan komersial mengeluarkan sinyal ke panel kontrol alarm kebakaran sebagai bagian dari sistem alarm kebakaran , sementara detektor asap rumah tangga, juga dikenal sebagai alarm asap , umumnya mengeluarkan alarm visual atau visual dari detektor itu sendiri.

Pengertian Heat Detector

detektor panas adalah perangkat alarm kebakaran dirancang untuk merespon ketika convected energi panas dari api meningkatkan suhu elemen sensitif panas. The massa termal dan konduktivitas dari elemen mengatur aliran laju panas ke elemen. Semua detektor panas memiliki kelambatan termal ini . Detektor panas memiliki dua klasifikasi utama operasi, “laju kenaikan” dan “suhu tetap”. Detektor panas digunakan untuk membantu mengurangi properti yang rusak. Ini dipicu ketika suhu meningkat.

Perbandingan Antara Heat Detector dan Smoke Detector

  1. Pertama kita Liat Sistem Kerja antara Heat Detector dan Smoke Detector. Heat Detector Device indikator panas, mempunyai sistem kerja dimana terjadi perubahan suhu disekitar Heat Detector di Pasang. Perubahan suhu yg menjadi panas sekitar lebih dari 70′C maka akan terjadi pemuaian element di dalam Device tersebut dan otomatis akan membuat short konektor (L) dan (C). Yg tadinya Normaly Open (NO) kemudian Berubah Menjadi Normaly Closed (NC). Smoke Detector, mempunyai sistem pendeteksian ASAP, DEBU, Apapun yg bisa menghalangi led photoelectric yang ada di dalam Device ini.
  2. kita bandingkan dgn kebutuhan Power. HDtidak memerlukan Power DC untuk cara kerjanya. Smoke Detector Memerlukan Power DC sekitar 24 VDC tuk menjalankan sistem Photoelectric-nya.
  3. kita Bandingkan dgn Kecepatan Deteksi. HD membutuhkan waktu yg lama tuk aktif karena Device ini tergantung dgn suhu. Smoke Detector bisa lebih cepat karena indikasi akan terjadi kebakaran biasanya Asap duluan baru perubahan suhu.
  4. Keempat kita Bandingkan Dgn keadaan disekitar Heat dan Smoke Detector ini terpasang. HD ideal untuk ruangan dimana diruangan itu masih menimbulkan asap, Seperti Kitchen, Gudang, Ruang Merokok, dll. Smoke Detector Ideal untuk ruangan yg bebas Asap, seperti Ruang Meeting, Ruangan Kantor yg bertuliskan “NO Smoking”.

Leave a Reply