Flowchart Sistem Parkir RFID dan Penjelasannya

FLOWCHART SISTEM PARKIR RFID

flowchart sistem parkir
flowchart sistem parkir

FLOWCHART Sistem Parkir

Flowchart Sistem Parkir otomatis ini digunakan bagi yang terdaftar sebagai member dan memilik saldo yang cukup. Jika tidak terdaftar sebagai member atau terdaftar sebagai member maka pembayaran dilakukan secara manual.

Proses transaksi flowchart sistem parkir meliputi proses program transaksi saat parkir masuk dan proses pengujian saat parkir keluar. Baik parkir masuk maupunparkir keluar merupakan dua program yang datanya tersimpan pada satu lokasi penyimpanan database,yaitu pada database parkir. Proses kedua transaksi yang terjadi dapat dilihat dengan runtutan sebagai berikut :

  1. Pengguna kartu tag RFID mendekatkan kartunya ke reader RFID yang terpasang pada parkir masuk.
  2. Saat akan keluar maka pengguna kartu tag RFID mendekatkan kartunya ke reader RFID yang terpasang pada parkir keluar.
  3. Setelah data nomor unik yang ada pada tag RFID terbaca maka proses transaksi akan dilangsungkan dan data proses transaksi tersebut akan disimpan pada database transaksi.

Saat proses transaksi dari gambar flowchart sistem parkir masuk, data yang disimpan di dalamdatabase parkir masih berupa data masukan yang hanya berisi kode parkir, kode RF, tanggal masuk dan jam masuk. Data tanggal keluar,jam keluar dan biaya total akan kosong selama kendaraan belum melakukanpembacaan tag RFID di pintu keluar. Jika pengguna atau member telah melakukan proses transaksi parkir keluar maka data tanggal keluar,jam keluar dan biaya total akan secara automatis terisi sesuai dengan tanggal dan jam kendaraan keluar parkir,sedangkan biaya total akan terisi sesuai dengan lamannya kendaraan parkir.

Transaksi yang ada pada gambar flowchart sistem parkir terdiri dari pengecekan saldo, perhitungan lama parkir yaitu jam masuk sampai jam keluar, pengecekan jenis kendaraan dan tipe member.

Biaya tarif untuk mobil sebesar Rp 2000 (tarif dasar selama 1 jam )+(lama parkir–1 jam)*Rp1000 (Biaya tambahan).

Sedangkan biaya tarif untuk motor sebesar Rp 1000(tarif dasar selama 1 jam) + (lama parkir-1jam)*Rp500(biaya tambahan). Masing-masing kendaraan bila telah mencapai biaya maksimum akan dikenakan biaya tetap sebesar Rp 7000,00 untuk mobil dan Rp 5000,00 untuk motor.

maka jika lama parkir diatas 6 jam (mobil) atau lebih akan dikenakan biaya Rp. 7000,00 dan 8jam (motor) atau lebih maka akan dikenakan biaya Rp 5000,00.

Setelah itu, saldo awal akan dikurangi dengan biaya total parkir. Apabila saldo tidak mencukupi maka proses transaksi harus dilakukan secara manual dan akan keluar peringatan.

Setelah transaksi dilakukan, baik itu transaksi parkir masuk maupun transaksi parkir keluar maka data akan disimpan dalam database parkir Transaksi yang terjadi pada parkir masuk dan parkir keluar merupakan program yang saling berhubungan satu sama lain namun dibedakan pada tampilan data yang ditunjukkan.

Sumber

 

Tinggalkan Balasan